YEAR END GREAT SALE!!

Projector HID 2.0 hanya Rp.499.000,-*

Cara Merubah AC ke DC Pada Kelistrikan Sepeda Motor

Cara Merubah Kelistrikan Motor dari AC ke DC


Pengertian kelistrikan AC pada motor adalah kelistrikan lampu motor mengikuti putaran mesin dimana jika mesin motor menyala barulah lampu motor dapat menyala.

Sedangkan kelistrikan DC pada motor adalah kelistrikan lampu sepeda motor tidak mengikuti putaran mesin sehingga lampu motor dapat dinyalakan pada saat mesin motor tidak dihidupkan dengan syarat kunci kontak motor dihidupkan dan menghasilkan cahaya yang lebih stabil karena tidak mengikuti putaran mesin.

Apabila sobat menggunakan Lampu Motor HID maka listrik sepeda motor harus lebih dahulu mengubah arus dari AC ke DC untuk mendapatkan supply listrik HID motor yang stabil dan langsung sepenuhnya mendapatkan listrik dari aki sepeda motor.

Untuk memulai merubah arus AC ke DC, sobat membutuhkan alat-alat berikut :

  • Test pen dc.
  • Isolasi yang kuat.  
  • Pisau Cutter.
  • Kabel-kabel sesuai kebutuhan.



Setelah menyiapkan alat-alat tersebut, sobat selanjutnya memeriksa supply listrik dan menentukan kabel mana dan warna apa yang mengisi jalur lampu depan. Untuk mencari tahu kabel tersebut sobat dapat membuka switch yang berperan sebagai sakelar untuk menghidupkan lampu kecil [low beam] dan lampu high beam [high beam].

Pada umumnya untuk sepeda motor honda berwarna kuning, sepeda motor yamaha berwarna kuning dan suzuki biasanya berwarna kuning dan putih. Namun untuk lebih pastinya, sobat disarankan untuk konsultasi dengan bengkel variasi atau bengkel modifikasi yang sudah berpengalaman.

Setelah sobat sudah meyakini dan menandai kabel mana yang menyuplai listrik untuk lampu depan sepeda motor, selanjutnya sobat harus mencari tahu socket yang menghubungkan dari sisi bawah ke lampu besar.

Setelah menemukan socket yang mensuplai listrik ke lampu besar, mulai lah merubah arus AC ke DC pada tahap ini. Kabel yang sebelumnya sudah ditandai tadi dapat dilepas dari socket tersebut pada bagian sekunnya dengan dicongkel menggunakan obeng min. Setelah sekun berhasil terlepas, segera sambungkan kabel yang yang menuju sakelar on/off lampu ke aki dan dapat juga dijumper ke kunci kontak.

Lakukan dengan teliti dan jangan sampai salah dalam menyambung kabel-kabel tersebut karena pada umumnya ada dua kabel dan pilih yang BIASANYA berwarna hitam untuk sepeda motor honda, kuning dengan garis oranye untuk sepeda motor suzuki dan merah bergaris hitam untuk sepeda motor yamaha.

Setelah langkah-langkah diatas selesai dilakukan, sobat dapat mulai memasang kiprok (bila perlu) dan kabel yang sebelumnya disambungkan jangan lupa untuk diisolasi untuk menghindari korsleting.
Selanjutnya sobat harus memeriksa voltase yang dihasilkan apabila ketika hid motor dinyalakan apabila diatas 12.4V maka bisa dipastikan aki sepeda motor anda akan awet dan tidak akan tekor.

Selamat mencoba merubah ac ke dc pada sistem kelistrikan sepeda motor anda, sebelum memasang lampu motor hid. Anda akan mendapatkan pengalaman lebih nyaman dalam berkendara dengan hid lampu motor. Dapatkan lampu hid motor berkualitas, lampu hid murah dan lampu hid bergaransi hanya dari importir dan distributor utama di www.pusatlampuhid.com.