Tips anti tekor karena penggunaan Lampu HID



Lampu HID atau Projector HID yang digunakan pada motor kesayangan sudah menjadi hal yang umum di kalangan sobat bikers. Lampu HID motor paling terang sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pengendara motor yang sering berkendara malam hari terutama jika kerap kali melintasi rute yang banyak jalan rusak dan berlubang.

Lampu Motor HID yang sudah dikenal luas oleh kalangan pencinta modifikasi adalah merk RAVEN - The ultimate HID KIT. Lampu HID RAVEN sudah terbukti dan diakui para komunitas bikers sebagai Lampu HID terbaik karena diproduksi dengan teknologi paling mutakhir dengan komponen dengan kualitas terbaik di kelasnya hingga menghasilkan sorot cahaya yang fokus, terang dan kualitas produk yang awet serta sangat bisa diandalkan.

Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melakukan instalasi Lampu HID. Satu hal yang wajib dilakukan adalah wajib memperhatikan instalasi dengan cara yang benar agar tidak mengalami tekor aki yaitu dengan arus listrik langsung atau sering disebut 'arus dc' hal ini diperlukan untuk mengalihkan supply aliran listrik dari spul yang awalnya untuk pengisian dan penerangan, diubah sepenuhnya untuk pengisian aki hingga daya untuk pengisian aki lebih besar.

Langkah berikutnya adalah dengan mengganti lampu rem dengan lampu tipe LED. Mengapa perlu mengganti LED? tentunya sobat bikers sekalian tentu sudah mengetahui bahwa lampu belakang atau lampu rem adalah pemakai daya terbesar pada motor. Dengan ilustrasi bohlam rem standard bawaan pabrik adalah 5 watt pada senja dan 18 watt pada rem dan ada juga sebagian merk motor yang menggunakan 5 watt pada lampu senja dan 21 watt pada lampu rem. Bandingkan bila sobat bikers menggunakan lampu LED yang hanya mengkonsumsi daya 1-3 watt, ka bisa mengirit daya kurang lebih 20-25 watt. 

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah mengukur voltase yang dihasilkan motor dengan menggunakan volt meter bila ketika lampu HID dinyalakan voltase yang dihasilkan masih diatas 12.4V maka sudah dipastikan aki motor jauh dari masalah tekor dan awet.

Demikian beberapa tips penggunaan Lampu HID Motor dan ucapkan selamat tinggal pada tekor. Semoga bermanfaat dan selamat menggunakan Lampu HID.

Semoga bermanfaat